Rifa'iyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Nasional
  • Kolom
  • Nadhom
  • Tokoh
  • Bahtsul Masail
  • Khutbah
  • Sejarah
  • Video
  • Cerpen
  • Home
  • Berita
  • Nasional
  • Kolom
  • Nadhom
  • Tokoh
  • Bahtsul Masail
  • Khutbah
  • Sejarah
  • Video
  • Cerpen
No Result
View All Result
Rifa'iyah
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Nasional
  • Kolom
  • Nadhom
  • Tokoh
  • Bahtsul Masail
  • Khutbah
  • Sejarah
  • Video
  • Cerpen
Home Bahtsul Masail

Hutang Mayit dalam Pandangan Islam

Tim Redaksi by Tim Redaksi
July 5, 2025
in Bahtsul Masail
0
Hutang Mayit dalam Pandangan Islam
0
SHARES
41
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Deskripsi Masalah

Dalam proses pemberangkatan jenazah, sering kali terdengar ungkapan, “Mayyit niki sampun mboten gadah tanggungan hutang hak adami.” Biasanya, pernyataan ini disampaikan oleh perwakilan dari shohibul musibah. Menurut ajaran agama dan norma sosial, pelunasan hutang merupakan prioritas sebelum pemakaman. Hutang yang belum diselesaikan dapat menjadi beban moral bagi keluarga yang ditinggalkan, dan bahkan diyakini (oleh sebagian kelompok) dapat menjadi penghalang bagi almarhum di alam kubur.

Namun dalam praktiknya, berbagai kendala dapat muncul, antara lain:

  1. Tidak diketahuinya daftar hutang
    Keluarga sering kali tidak mengetahui seluruh hutang yang dimiliki almarhum, terutama jika tidak ada dokumentasi yang jelas atau komunikasi yang memadai semasa hidupnya.
  2. Keterbatasan dana untuk melunasi hutang
    Kadang kala, harta peninggalan tidak cukup untuk menutupi seluruh hutang, sehingga menimbulkan beban keuangan bagi keluarga.
  3. Perselisihan keluarga
    Dalam beberapa kasus, keluarga besar berselisih mengenai tanggung jawab pelunasan hutang dan penggunaan harta warisan, yang dapat memperlambat proses pemberangkatan jenazah. Ada yang menyepakati untuk menjadikan hutang sebagai tanggungan bersama, bahkan ada yang menangguhkan hutang almarhum kepada salah satu ahli waris dengan kesepakatan mayoritas ahli waris.
  4. Kurangnya kesadaran akan pentingnya pelunasan hutang
    Sebagian keluarga kurang memahami pentingnya pelunasan hutang sebelum pemakaman, baik karena ketidaktahuan maupun enggan menanggung beban tersebut.

Pertanyaan

  1. Jika harta mayit tidak cukup untuk melunasi hutangnya, siapakah yang berkewajiban melunasinya?
  2. Bolehkah salah satu ahli waris membebankan hutang mayit kepada seluruh ahli waris atas dasar kesepakatan mayoritas?
  3. Apakah dibenarkan pernyataan perwakilan dari shohibul musibah “Mayyit niki sampun mboten gadah tanggungan hutang hak adami” karena hutang mayit telah diliger kepada ahli waris?

Jawaban

  1. Pada dasarnya, hutang mayit wajib dibayarkan dari tirkah (harta peninggalan) sebelum dibagikan kepada ahli waris. Jika harta tersebut tidak mencukupi, maka dianjurkan bagi ahli waris untuk mengupayakan pelunasan hutang atau meminta kerelaan dari pihak yang menghutangi. Namun, ahli waris tidak berkewajiban melunasi hutang mayit dengan harta pribadinya.
  2. Hal ini diperbolehkan sebagai bentuk kepedulian keluarga untuk saling membantu dan meringankan beban sesama, selama tidak ada unsur paksaan kepada ahli waris yang keberatan.
  3. Jika ahli waris telah menyanggupi pelunasan hutang mayit, maka pernyataan tersebut dapat dibenarkan sebagai bentuk komitmen mereka dalam menanggung hutang almarhum.

Referensi

Mughni Al-Muhtaj, Jilid 2, hlm. 44

(ويُبَادَرُ)

نَدْبًا (بِقَضَاءِ دَيْنِ الْمَيِّتِ) إنْ تَيَسَّرَ حَالًّا قَبْلَ الِاشْتِغَالِ بِتَجْهِيزِهِ مُسَارَعَةً إلَى فِكَاكِ نَفْسِهِ، لِخَبَرِ «نَفْسُ الْمُؤْمِنِ أَيْ رُوحُهُ مُعَلَّقَةٌ: أَيْ مَحْبُوسَةٌ عَنْ مَقَامِهَا الْكَرِيمِ بِدَيْنِهِ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ» رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ وَغَيْرُهُ، فَإِنْ لَمْ يَتَيَسَّرْ حَالًّا سَأَلَ وَلِيُّهُ غُرَمَاءَهُ أَنْ يُحَلِّلُوهُ وَيَحْتَالُوا بِهِ عَلَيْهِ

Syarh Shahih Muslim

وَأَمَّا الْحُقُوقُ الْمَالِيَّةُ الثَّابِتَةُ عَلَى الْمَيِّتِ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَرِكَةٌ وَجَبَ قَضَاؤُهَا مِنْهَا ، سَوَاءٌ أَوْصَى بِهَا الْمَيِّتُ أَمْ لَا ، وَيَكُونُ ذَلِكَ مِنْ رَأْسِ الْمَالِ ، سَوَاءٌ دُيُونُ اللَّهِ تَعَالَى كَالزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَالنَّذْرِ وَالْكَفَّارَةِ وَبَدَلِ الصَّوْمِ وَنَحْوِ ذَلِكَ ، وَدَيْنِ الْآدَمِيِّ ، فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لِلْمَيِّتِ تَرِكَةٌ لَمْ يَلْزَمِ الْوَارِثَ قَضَاءُ دَيْنِهِ ، لَكِنْ يُسْتَحَبُّ لَهُ وَلِغَيْرِهِ قَضَاؤُهُ

Bughyatul Mustarsyidin, hlm. 171

يندب أن يبادر بقضاء دين الميت مسارعة فك نفسه من حبسها عن مقامها الكريم كما ورد  فإن لم يكن بالتركة جنس الدين أو لم يسهل قضاؤه سأل الولي وكذا الأجنبي الغرماء أن يحتالوا به عليه وحينئذ فتبرأ ذمة الميت بمجرد رضاهم بمصيره في ذمة نحو الولي

Jami’ Ahkam Al-Qur’an, Jilid 5, hlm. 230

وبالاجماع لو مات ميت وعليه دين لم يجب على وليه قضاؤه من ماله، فان تطوع بذلك تأدى الدين عنه

Ghayatu Talkhish Al-Murad, hlm. 219

ـ (مسألة): مات شخص وعليه دين وخلف مالاً قدر الدين أو أكثر لا تبرأ ذمته حتى يؤدي عنه، فلو تحمل الولي أو غيره الدين لينتقل إلى ذمته ويبرىء الميت بصيغة الضمان لم تبرأ على المشهور، ولا دلالة في حديث عليّ رضي الله عنه على براءة ذمة الميت بالضمان، وإنما فيه دلالة على صحة الضمان،

Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab, Jilid 6, hlm. 211

ـ (فَرْعٌ) لَوْ مَاتَ رَجُلٌ وَعَلَيْهِ دَيْنٌ وَلَا تِرْكَةَ لَهُ هَلْ يُقْضَى مِنْ سَهْمِ الْغَارِمِينَ فِيهِ وَجْهَانِ حَكَاهُمَا صَاحِبُ الْبَيَانِ (أَحَدُهُمَا) لَا يَجُوزُ وَهُوَ قَوْلُ الصَّيْمَرِيِّ وَمَذْهَبُ النَّخَعِيِّ وَأَبِي حَنِيفَةَ وَأَحْمَدَ (وَالثَّانِي) يَجُوزُ لِعُمُومِ الْآيَةِ وَلِأَنَّهُ يَصِحُّ التَّبَرُّعُ بِقَضَاءِ دَيْنِهِ كَالْحَيِّ وَلَمْ يُرَجِّحْ وَاحِدًا مِنْ الْوَجْهَيْنِ

Fiqh Islami wa Adillatuhu, Jilid 2, hlm. 1482

وأما الإسراع بقضاء الدين: فلتخفيف المسؤولية عن الميت، قال ﷺ: «نفس المؤمن معلّقة بدينه، حتى يقضى عنه»  هذا إذا كان له مال يقضى منه دينه. وأما من لا مال له، ومات عازمًا على القضاء، فقد ورد في الأحاديث ما يدل على أن الله تعالى يقضي عنه، مثل حديث أبي أمامة: «من دان بدين، في نفسه وفاؤه، ومات، تجاوز الله عنه، وأرضى غريمه بما شاء، ومن دان بدين وليس في نفسه وفاؤه، ومات، اقتص الله لغريمه منه يوم القيامة»

Hasyiyah Al-Jamal, Jilid 2, hlm. 141

وَ أَنْ يُبَادَرَ بِفَتْحِ الدَّالِ بِغُسْلِهِ وَقَضَاءِ دَيْنِهِ وَتَنْفِيذِ وَصِيَّتِهِ إنْ تَيَسَّرَ وَإِلاَّ سَأَلَ وَلِيُّهُ غُرَمَاءَهُ أَنْ يُحَلِّلُوْهُ وَيَحْتَالُوْا بِهِ عَلَيْهِ إكْرَامًا لَهُ وَتَعْجِيْلاً لِلْخَيْرِ وَلِخَبَرِ { نَفْسُ الْمُؤْمِنِ أَيْ رُوحُهُ مُعَلَّقَةٌ أَيْ مَحْبُوْسَةٌ عَنْ مَقَامِهَا الْكَرِيْمِ بِدَيْنِهِ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ } رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ ( قَوْلُهُ وَإِلاَّ سَأَلَ وَلِيُّهُ غُرَمَاءَهُ ) أَيْ وَاْلأَجْنَبِيُّ كَالْوَلِيِّ فِي ذَلِكَ اهـ. – إلى أن قال – وَفِي ع ش عَلَى م ر مَا نَصُّهُ قَوْلُهُ وَيَحْتَالُوْا بِهِ عَلَيْهِ أَيْ فَيَنْتَقِلُ الْحَقُّ إلَى ذِمَّةِ الْمُلْتَزِمِ وَلَوْ أَجْنَبِيًّا وَتَبْرَأُ ذِمَّةُ الْمَيِّتِ بِذَلِكَ وَيَجِبُ عَلَى الْمُلْتَزِمِ وَفَاؤُهُ مِنْ مَالِهِ – إلى أن قال – ( قَوْلُهُ وَيَحْتَالُوْا بِهِ إلَخْ ) الْوَاوُ بِمَعْنَى أَوْ فَلاَ إشْكَالَ اهـ شَوْبَرِيٌّ ( قَوْلُهُ أَيْضًا وَيَحْتَالُوْا بِهِ ) أَيْ وَتَلْزَمُهُمْ إجَابَتُهُ وَتَبْرَأُ بِهَا ذِمَّةُ الْمَيِّتِ ِلأَنَّهَا حَوَالَةٌ مَجَازِيَّةٌ وَاْلأَجْنَبِيُّ كَالْوَلِيِّ فِيْمَا ذُكِرَ قَالَ شَيْخُنَا إِلاَّ فِي لُزُوْمِ اْلإِجَابَةِ اهـ

Al-Majmu’, Jilid 5, hlm. 105

وَقَالَ الشَّافِعِيُّ فِي اْلأُمِّ فِي آخِرِ بَابِ الْقَوْلِ عِنْدَ الدَّفْنِ إنْ كَانَ الدَّيْنُ يُسْتَأْخَرُ سَأَلَ غُرَمَاءَهُ أَنْ يُحَلِّلُوْهُ وَيَحْتَالُوْا بِهِ عَلَيْهِ وَإِرْضَاؤُهُمْ مِنْهُ بِأَيِّ وَجْهٍ كَانَ هَذَا نَصُّهُ وَهُوَ نَحْوُ مَا قَالَهُ أَبُوْ حَامِدٍ وَمُتَابِعُوْهُ وَفِيْهِ إشْكَالٌ ِلأَنَّ ظَاهِرَهُ أَنَّهُ بِمُجَرَّدِ تَرَاضِيْهِمْ عَلَى مَصِيْرِهِ فِي ذِمَّةِ الْوَلِيِّ يَبْرَأُ الْمَيِّتُ وَمَعْلُوْمٌ أَنَّ الْحَوَالَةَ لاَ تَصِحُّ إِلاَّ بِرِضَاءِ الْمُحِيْلِ وَالْمُحْتَالِ وَإِنْ كَانَ ضَمَانًا فَكَيْفَ يَبْرَأُ الْمَضْمُوْنُ عَنْهُ ثُمَّ يُطَالَبُ الضَّامِنُ وَفِي حَدِيْثِ أَبِيْ قَتَادَةَ لَمَّا ضَمِنَ الدَّيْنَ عَنِ الْمَيِّتِ أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ { اْلآنَ بَرَدَتْ جِلْدَتُهُ } حِينَ وَفَّاهُ لاَ حِيْنَ ضَمِنَهُ وَيَحْتَمِلُ أَنَّ الشَّافِعِيَّ وَاْلأَصْحَابَ رَأَوْا هَذِهِ الْحَوَالَةَ جَائِزَةً مُبَرِّئَةً لِلْمَيِّتِ فِي الْحَالِ لِلْحَاجَةِ وَالْمَصْلَحَةِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ اهـ


Sumber: Bahtsul Masail Rifa’iyah (BMR)

Tags: ahli warisBahtsul Masa'ilhutang mayitpelunasan hutang
Previous Post

Khutbah Jumat: Jejak Sejarah, Spirit Kemerdekaan Sejati

Next Post

Zionisme: Sejarah, Ideologi, dan Kontroversi di Tanah Palestina

Tim Redaksi

Tim Redaksi

Next Post
Zionisme: Sejarah, Ideologi, dan Kontroversi di Tanah Palestina

Zionisme: Sejarah, Ideologi, dan Kontroversi di Tanah Palestina

  • Gus Sakho, Gemilang Prestasi di Al-Azhar, Suluh Inspirasi Generasi Rifa’iyah

    Gus Sakho, Gemilang Prestasi di Al-Azhar, Suluh Inspirasi Generasi Rifa’iyah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rukun Islam Satu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rifa’iyah Seragamkan Jadwal Ziarah Makam Masyayikh di Jalur Pantura

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kembali ke Rumah: Ayo Mondok di Pesantren Rifa’iyah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sejarah Rifa’iyah dan Organisasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Rifa'iyah

Menjaga Tradisi, Menyongsong Masa Depan

Kategori

  • Bahtsul Masail
  • Berita
  • Cerpen
  • Keislaman
  • Khutbah
  • Kolom
  • Nadhom
  • Nasional
  • Sejarah
  • Tokoh
  • Video

Sejarah

  • Rifa’iyah
  • AMRI
  • UMRI
  • LFR
  • Baranusa

Informasi

  • Redaksi
  • Hubungi Kami
  • Visi Misi
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact

© 2025 Rifaiyah.or.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Nasional
  • Kolom
  • Nadhom
  • Tokoh
  • Bahtsul Masail
  • Khutbah
  • Sejarah
  • Video
  • Cerpen

© 2025 Rifaiyah.or.id