Sebelum membahas mengenai rukun jual beli, penting untuk terlebih dahulu memahami macam-macam jual beli dalam Islam.
Menurut mayoritas ulama, jual beli terbagi menjadi tiga macam, yaitu:
- Jual Beli Barang yang Terlihat (Bai‘ ‘Ain Mushāhadah / بيع عين مشاهدة)
Ini adalah bentuk jual beli yang paling umum dilakukan masyarakat. Penjual dan pembeli sama-sama melihat barang yang akan diperjualbelikan secara langsung. Transaksi seperti ini dinyatakan sah apabila memenuhi syarat dan rukun jual beli yang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya, insyaallah. - Jual Beli Barang yang Disifati dalam Tanggungan (Bai‘ Shay’in Mawṣūf fī al-Dzimmah / بيع شيء موصوف في الذمة)
Jenis jual beli ini dikenal luas di masa sekarang sebagai jual beli daring (online). Dalam praktiknya, pembeli memesan barang dengan spesifikasi tertentu, dan penjual berkewajiban menyediakannya. Ulama menyebut akad ini sebagai salam atau salaf. Hukum jual beli ini adalah sah, selama terbebas dari unsur penipuan (gharar) dan tidak mengandung ketidakjelasan. - Jual Beli Barang yang Tidak Terlihat (Bai‘ ‘Ain Ghā’ibah Lam Tushāhad / بيع عين غائبة لم تُشاهد atau Bai‘ Mā Lam Yarahu Qabla al-‘Aqd / بيع ما لم يره قبل العقد)
Jenis jual beli ini diperselisihkan oleh para ulama. Mayoritas ulama berpendapat bahwa transaksi seperti ini tidak sah karena mengandung unsur gharar (ketidakjelasan), sebab barang tidak dilihat atau tidak diketahui sifatnya saat akad berlangsung.
Namun, Imam Ar-Ruyyani dan Imam al-Baghawi berpendapat bahwa transaksi ini diperbolehkan1.
Jika barang sudah pernah dilihat sebelumnya, meskipun pada saat akad barang tersebut tidak hadir (ghāib), maka tetap dihukumi sah.
Contoh praktik yang sering terjadi dalam masyarakat adalah jual beli sistem tebasan, seperti menjual hasil panen yang masih berada dalam tanah. Transaksi ini bisa menjadi sah jika pembeli melihat sebagian dari barang yang mencerminkan keseluruhan hasilnya2.
Namun demikian, menurut Syaikh Khatib yang dinukil oleh Imam al-Bajuri3, macam-macam jual beli terbagi menjadi empat, dengan menambahkan satu jenis lagi, yaitu:
- Jual Beli Manfaat (Bai‘ al-Manāfi‘ / بيع المنافع)
Jenis ini lebih dikenal dengan istilah ijārah (sewa-menyewa). Praktiknya mencakup sewa barang seperti rumah, kendaraan, dan lain-lain, serta sewa jasa seperti tukang jahit, tukang listrik, dan sejenisnya.
Meskipun secara istilah disebut “jual beli”, hukum ijārah sejatinya memiliki kemiripan dengan akad jual beli, dan dianggap sah jika memenuhi ketentuan yang berlaku dalam fikih ijārah, yang akan dibahas lebih lanjut insyaallah.
Rukun Jual Beli
Menurut KH. Ahmad Rifa‘i, rukun jual beli ada empat. Salah satunya adalah:
- Penjual dan Pembeli
Penjual dan pembeli harus memiliki kemampuan bertindak hukum (ahliyyah al-taṣarruf), yaitu:- Baligh: Jual beli anak kecil tidak sah. Namun, sebagian ulama membolehkan transaksi jual beli ringan yang dilakukan oleh anak-anak (bai‘ mu‘āṭah)⁴.
- Berakal: Tidak sah jual beli yang dilakukan oleh orang yang hilang akal atau dalam keadaan mabuk.
Footnote:
(1) Sulam Taufiq Hal. 53
سُلَّمُ التَّوْفِيقِ – (ص ٥٣)
و) يَحْرُمُ أَيْضًا بَيْعُ (مَا لَمْ يَرَهُ) قَبْلَ الْعَقْدِ حَذَرًا مِنَ الْغَرَرِ أَيْ الْخَطَرِ، لِمَا رَوَى مُسْلِمٌ أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ الْغَرَرِ أَيِ الْبَيْعِ الْمُشْتَمِلِ عَلَى الْغَرَرِ فِي الْمَبِيعِ. قَالَ الْحِصْنِيُّ: وَفِي صِحَّةِ بَيْعِ ذَلِكَ قَوْلَانِ، أَحَدُهُمَا أَنَّهُ يَصِحُّ، وَبِهِ قَالَ الْأَئِمَّةُ الثَّلَاثَةُ وَطَائِفَةٌ مِنْ أَئِمَّتِنَا مِنْهُمُ الْبَغَوِيُّ وَالرُّويَانِيُّ. وَالْجَدِيدُ الْأَظْهَرُ أَنَّهُ لَا يَصِحُّ لِأَنَّهُ غَرَرٌ. انْتَهَى
السِّرَاجُ الْوَهَّاجُ – (ج ١ / ص ١٧١)
وَالْأَظْهَرُ أَنَّهُ لَا يَصِحُّ بَيْعُ الْغَائِبِ، وَهُوَ مَا لَمْ يَرَهُ الْعَاقِدَانِ أَوْ أَحَدُهُمَا. وَالثَّانِي وَهُوَ مُقَابِلُ الْأَظْهَرِ: يَصِحُّ، وَيَثْبُتُ الْخِيَارُ عِنْدَ الرُّؤْيَةِ، وَلَا خِيَارَ لِبَائِعٍ، وَيَنْفُذُ قَبْلَ الرُّؤْيَةِ الْفَسْخُ دُونَ الْإِجَازَةِ
بُغْيَةُ الْمُسْتَرْشِدِينَ – (ج ١ / ص ٢١٧)
مَسْأَلَةٌ: ب): لَا يَصِحُّ بَيْعُ غَائِبٍ لَمْ يَرَهُ الْمُتَعَاقِدَانِ أَوْ أَحَدُهُمَا، كَبَيْعِ حِصَّتِهِ فِي مُشْتَرَكٍ لَمْ يَعْلَمْ كَمْ هُوَ. فَطَرِيقُهُ أَنْ يَبِيعَهُ الْكُلَّ أَيْ إِنْ كَانَ مَعْلُومًا بِكُلِّ الثَّمَنِ، فَيَصِحُّ فِي حِصَّتِهِ بِحِصَّتِهَا مِنَ الثَّمَنِ. وَطَرِيقُ تَمْلِيكِ الْمَجْهُولِ الْمُنَاذَرَةُ وَنَحْوُهَا. وَفِي قَوْلٍ يَصِحُّ بَيْعُ الْمَجْهُولِ، وَبِهِ قَالَ الْأَئِمَّةُ الثَّلَاثَةُ. وَحَيْثُ قُلْنَا بِالْبُطْلَانِ فَالْمَقْبُوضُ بِهِ كَالْمَغْصُوبِ، وَلَا يَخْفَى مَا يَتَرَتَّبُ عَلَيْهِ مِنَ التَّفْرِيعِ وَالْحَرَجِ. فَالْأَوْلَى بِالْعَالِمِ إِذَا أَتَاهُ الْعَوَامُّ فِي مِثْلِ ذَلِكَ أَنْ يَشُدَّ النَّكِيرَ فِيمَا أَقْبَلَ وَيُرْشِدَهُمْ إِلَى التَّقْلِيدِ فِي الْمَاضِي، إِذِ الْعَامِّيُّ لَا مَذْهَبَ لَهُ، بَلْ إِذَا وَافَقَ قَوْلًا صَحِيحًا صَحَّتْ عِبَادَتُهُ وَمُعَامَلَتُهُ وَإِنْ لَمْ يَعْلَمْ عَيْنَ قَائِلِهِ كَمَا مَرَّ فِي الْمُقَدِّمَةِ، بَلْ هُوَ الْمُتَعَيِّنُ فِي هَذَا الزَّمَانِ كَمَا لَا يَخْفَى اهـ. قُلْتُ: وَقَوْلُهُ: فَطَرِيقُهُ أَنْ يَبِيعَهُ إِلَخْ، اعْتَمَدَ صِحَّةَ ذَلِكَ فِي الْإِمْدَادِ وَ (م) ر) وَابْنِ زِيَادٍ تَبَعًا لِلْقَفَّالِ وَالرُّويَانِيِّ، وَخَالَفَهُمْ فِي التُّحْفَةِ وَابْنِ مَخْرَمَةَ قَالَا: لِعَدَمِ الْعِلْمِ بِالْحِصَّةِ حِينَئِذٍ
(2) Fathul Mu’in Juz 3 Hal. 10
فَتْحُ الْمُعِينِ بِشَرْحِ قُرَّةِ الْعَيْنِ بِمُهِمَّاتِ الدِّينِ – (٣/ ١٠)
وَتَكْفِي رُؤْيَةُ بَعْضِ الْمَبِيعِ إِنْ دَلَّ عَلَى بَاقِيهِ كَظَاهِرِ صُبْرَةٍ نَحْوِ بُرٍّ وَأَعْلَى الْمَائِعِ وَمِثْلِ أُنْمُوذَجٍ مُتَسَاوِي الْأَجْزَاءِ كَالْحُبُوبِ، أَوْ لَمْ يَدُلَّ عَلَى بَاقِيهِ بَلْ كَانَ صِوَانًا لِلْبَاقِي لِبَقَائِهِ كَقِشْرِ رُمَّانٍ وَبَيْضٍ وَقِشْرَةٍ سُفْلَى لِنَحْوِ جَوْزٍ فَيَكْفِي رُؤْيَتُهُ لِأَنَّ صَلَاحَ بَاطِنِهِ فِي إِبْقَائِهِ وَإِنْ لَمْ يَدُلَّ هُوَ عَلَيْهِ
الْوَسِيطُ – (ج ٣ / ص ٣٨)
رُؤْيَةُ بَعْضِ الْمَبِيعِ تَقُومُ مَقَامَ رُؤْيَةِ الْكُلِّ إِذَا كَانَ الْمَرْئِيُّ يَدُلُّ عَلَى الْبَاقِي كَظَاهِرِ صُبْرَةِ الْحُبُوبِ
حَاشِيَةُ الْجَمَلِ عَلَى الْمَنْهَجِ لِشَيْخِ الْإِسْلَامِ زَكَرِيَّا الْأَنْصَارِيِّ – (ج ٥ / ص ٣٦٣)
قَوْلُهُ: لِعِلْمِهِمَا بِقَدْرِ الْمَبِيعِ أَيْ فَهَذَا مِنْ قَبِيلِ قَوْلِهِ سَابِقًا وَقَدَرًا، لَكِنْ تَقَدَّمَ أَنَّ الْقَدْرَ لَا بُدَّ أَنْ يَنْضَمَّ إِلَى عِلْمِ الْعَيْنِ أَوِ الصِّفَةِ، وَهُنَا قَدِ انْضَمَّ إِلَى عِلْمِ الْعَيْنِ حُكْمًا كَمَا ذَكَرَهُ بِقَوْلِهِ: مَعَ تَسَاوِي الْأَجْزَاءِ أَيْ فَكَأَنَّهُ رَأَى جَمِيعَهَا تَأَمَّلْ قَوْلَهُ: فَلَا غَرَرَ أَيْ فَاكْتُفِيَ بِرُؤْيَةِ الْجُمْلَةِ الْمُشْتَمِلَةِ عَلَى رُؤْيَةِ بَعْضِ الْمَبِيعِ عَنْ رُؤْيَتِهِ بِخُصُوصِهِ فَهُوَ مَرْئِيٌّ حُكْمًا لِأَنَّ كُلَّ حَبَّةٍ مِنَ الصُّبْرَةِ مُشْتَرِكَةٌ
(3) Al Baijuri Juz 1 Hal. 653
الْبَاجُورِيُّ – (ج ١ / ص ٦٥٣)
وَعَلَيْهِ جَرَى الشَّيْخُ الْخَطِيبُ حَيْثُ جَعَلَ أَنْوَاعَ الْبُيُوعِ أَرْبَعَةً، وَزَادَ عَلَى الثَّلَاثَةِ الَّتِي ذَكَرَهَا الْمُصَنِّفُ رَابِعًا، قَالَ: وَهُوَ بَيْعُ الْمَنَافِعِ وَهُوَ الْإِجَارَةُ
(4) Kifayatul Akhyar Juz 1 Hal. 42
Bila menilik aturan syariat, pelaku transaksi sebuah akad harus memenuhi kriteria sebagai berikut: baligh, berakal, tidak terpaksa, dan rāsyid (cakap), yang dalam format fikih disebut muṭlaq al-taṣarruf. Dengan demikian, transaksi yang dilakukan oleh anak-anak kecil dan orang-orang yang tidak memenuhi kriteria di atas hukumnya tidak sah. Namun demikian, ada sebagian ulama yang memberi kelonggaran dengan menyamakannya dengan jual beli mu‘āṭah, dengan syarat barang-barang tersebut tergolong remeh atau bukan barang-barang mahal. Maka, menurut pendapat tersebut, hukum jual belinya anak kecil sah untuk barang-barang yang harganya murah.
عِبَارَةُ كِفَايَةِ الْأَخْيَارِ – (ج ١ / ص ٤٢)
نَصُّهُ: قُلْتُ: وَمِمَّا عَمَّتْ بِهِ الْبَلْوَى بَعْثَانُ الصَّغَائِرِ الْحَوَائِجَ وَاطَّرَدَتْ فِيهِ الْعَادَةُ فِي سَائِرِ الْبِلَادِ وَقَدْ تَدْعُو الضَّرُورَةُ إِلَى ذَلِكَ، فَيَنْبَغِي إِلْحَاقُ ذَلِكَ بِالْمُطَاةِ إِذَا كَانَ الْحُكْمُ دَائِرًا مَعَ الْعُرْفِ، مَعَ أَنَّ الْمُعْتَبَرَ فِي ذَلِكَ التَّرَاضِي لِيَخْرُجَ بِالصِّيغَةِ عَنْ أَكْلِ مَالِ الْغَيْرِ بِالْبَاطِلِ، فَإِنَّهَا دَالَّةٌ عَلَى الرِّضَا، فَإِذَا وُجِدَ الْمَعْنَى الَّذِي اشْتُرِطَتِ الصِّيغَةُ لِأَجْلِهِ فَيَنْبَغِي أَنْ يَكُونَ هُوَ الْمُعْتَمَدَ بِشَرْطِ أَنْ يَكُونَ الْمَأْخَذُ بَعْدَ الثَّمَنِ. اهـ
Baca sebelumnya: Penjelasan Kitab Tasyrihatal Muhtaj 2: Jual Beli Versi Syariat, antara Kepemilikan dan Izin Ilahi
Penulis: Naufal Al Nabai
Editor: Yusril Mahendra